BAB I
JUDUL
UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN SISWA MEMAHAMI BENTUK ENERGI MELALUI ALAT PERAGA PELAJARAN IPA KELAS 1 SD NEGERI BUBULAK 3 KECAMATAN BOGOR BARAT
A. PENDAHULUAN
Pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3 UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)
Penulis sebagai pendidik tentu mempunyai tugas yang milia yaitu menjadikan pesrta didik sebagaimana tertuang dalam Tujuan Pendidikan.Tetapi pada kenyataannya di lapangan mengalami masalah dalam pembelajaran , diantaranya pada Mata Pelajaran IPA tentang mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari_hari siswa kelas 1 SDN BUBULAK 3 tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Terdapat beberapa masalah yang penulis rasakan di lapangan, diantaranya: yaitu:
a.Lemahnya penguasaan siswa pada pemahaman konsep
b.Siswa pasip tidak mau bertanya.
c.Nilai siswa dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal).
Berdasarkan permasalahan_permasalahan diatas, agar dapat segera terpecah perlu dicarikan akar permasalahan, sehingga paktor penyebab dapat diketahui, melalui diskusi dengan rekan sejawat diketahui beberapa hal, diantaranya:
Penyampaian materi kurang diberikan contoh-contoh yang kongkrit.
Materi pembelajaran terlalu abstrak.
Kurangnya memberikan motivasi belajar.
Tidak menggunakan Alat peraga.
Kurangnya metode yang diberikan guru
Ganbaran-gambaran tersebut merupakan kajian penulis dalam rencana pelaksanaan perbaikan dengan melalui rencana perbaikan pembelajaran (siklus 1) dan dilanjutkan rencana perbaikan pembelajaran (siklus 2)
B. RUMUSAN MASALAH
Bagaimana cara menarik perhatian siswa melalui Alat Peraga sehimgga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang mengenal berbagai bentuk energi ,manpaatnya dalam kehidupan sehari_hari mata pelajaran IPA kelas 1 SDN Bubulak 3 Kecamatan Bogor Barat
C. TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah agar siswa meningkatkan minatnya dalam belajar IPA , sehingga siswa memperoleh pengetahuan keterampilan dan perubahan sikap positif.
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, upaya penelitian dilakukan dengan tujuan Alat Peraga dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, nilai ulangan dapat diatas KKM, juga dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
D.MANFAAT
Pelaksanaan penelitian pembelajaran IPA, kelas 1 dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah, yaitu;
Bagi siswa
1. Lebih memahami dan menguasai pembelajaran
2. Dapat termotivasi dalam minat belajar
3. Dapat meningkatkan hasil belajar
Bagi guru
1. Dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas
2. Lebih memahami dalam penggunaan konsep pembelajaran
3. Mengarah terciptanya guru lebih propesional
4. Menambah kepuasan tersendiri hasil proses pembelajaran
Bagi sekolah
1.Memberikan kontribusi sebagai sekolah yang berkwalitas
2. Dapatdijadikan model pembelajaran bagi kelas lainnya
3.Meningkatkan jalinan kerjasama antar guru yang harmonis dan kepala sekolah
ijin share ke blog saya boleh kan???...bgus nee blognya n bermanfaat banget..tks
BalasHapus